Minggu, 19 Maret 2017

TIPS MENULIS INDAH

Ada pertanyaan:
Gimana biar tulisan kita bagus? (karena mengerjakan TT jadi sadar kalau mungkin pengen nulis bagus)
Jawab:
Dalam tulis menulis pada dasarnya kesalahan cara/teknik juga ukuran, selama masih jelas tulisan dan bisa dibaca dengan baik maka tidak mengapa, dilihat dari tujuan.. Jika utk komunikasi saja maka itu cukup.. Beda jika itu utk seni (kaligrafi misal)..
Namun jika ingin menulis indah/bagus maka kami coba berikan tips (subjektif):

1. Menulis itu kemahiran/keterampilan motorik halus (atau istilah apalah sejenis itu), yg ia dilatih dari kecil. Jika dr kecil sudah terasah maka utk mengembangkan ke berbagai macam seni menulis akan mudah dan cepat belajar. Jadi biarkan anak berkreasi dengan tangannya (coret-coret, gambar, bikin suatu karya dengan benda sekitar selama tak membahayakan).. Jika kurang tepat (coret tembok misal), beri wasilah lain, papan tulis dkk.. Atau tutupi tembok dengan kertas.. Atau cat ulang.. Intinya jangan dikekang..
2. Untuk yg terlanjur dewasa namun merasa belum rapih ya harus latihan.. Insyaallah meskipun sudah berumur selama mau berusaha akan berhasil.. Tulisan anak pondok itu biasanya kelihatan bedanya, karena mereka bertahun-tahun sering menulis dengan dasar kaidah meski ndak semuanya (lulusan pondok) menguasai, tapi hasil tetep terlihat beda..
Jadi yg perlu dilakukan adalah:
1. Mencari kaidah penulisan yg benar
2. Praktikkan setiap hari, jangan bosan menulis ulang kalimat yg sama selama puluhan bahkan ratusan kali. Pernah saya simak dari ahli khot (di youtube) bahwa jika ingin merubah tulisan kita, maka kita harus intensif dalam waktu lama (3 bulan misal) menulis dg cara menulis yg baru yg kita inginkan.
3. Tanyakan hasilnya pada orang yang paham tata cara/kaidah penulisan yg baik dan benar. Koreksian dari korektor atau huruf yg sulit harus ulang-ulang lebih banyak dari yg lebih mudah/ndak banyak salah.
Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar